PROFIL RT.3 RW III CEBOLEK KIDUL


RT 3/RW III adalah salah satu  RT di wilayah Desa Cebolek Kidul Kec. Margoyoso Kab. Pati Jateng yang mempunyai karasteristik berbeda dengan wilayah RT. Lain di Desa Cebolek Kidyul. RT 3/III ini berbatasan dengan Desa Waturoyo dan Desa Kajen  yang mempunyai Sejarah  yang  sangat terkenal di kawasan Kab. Pati.  RT.3/III terdapat 3 Ponpok Pesantren yang berdiri sudah puluhan tahun silam dan lembaga pendidikan lain yaitu :
  1. PPDJH : Pondok Pesantren Djannatul Huda yang didirikan oleh KH. Rozi yang kemudian diteruskan generasi berikutnya yaitu KH. Mujazzad dan sa’at ini di asuh oleh KH. Masrur Munawwir. Pondok ini adalah salah satu Pondok Pesantren tertua di Wilayah RT.3/III bahkan di desa Cebolek Kidul ini. Yang mana alumni Pondok ini sudah banyak yang menjadi Kiyai2 di daerahnya seperti Jepara, Kudus, Grobogan, Rembang bahkan diluar Prop. Jawa Tengah.
  2. PMU : Pondok Pesantren Mansajul Ulum yang didirikan oleh KH. Abdullah Rifa’i Ayah dari Gus Ulil Abshor Abdalla , Pada sa’at ini di asuh oleh K. Liwa’uddin keponakan dan sekaligus menanatu dari KH. Abdullah Rifa’i. Pondok PMU ini menitik beratkan pada penguasaan Ilmu Nahwu dan Shorof atau penguasaan membaca dan memahami kitab-kitab kuning dan musyawarah hukum-hukum dalam Fiqih. Alumni Pondok PMU ini tidak dapat diragukan lagi dalam penguasaan  Ilmu Nahwu Shorof dan hukum-hukum fiqih.
  3. Pondok Putri Al-Inayah, Pondok ini didirikan oleh Hj. Musyarofah  dan sampai sa’at ini masih di asuh oleh Hj. Musyarofah  yang pengelolaannya terfokus pada  Hafalan Al-Qur’an. Dan sudah menghasilkan  ratusan santri-santri hafal Al-Qur’an yang siap mengabdi pada masyarakat.
  4. Musholla Al-Mutamakkin Musholla ini didirikan sekitar tahun 1980 an oleh warga RT.03/III diatas tanah wakaf dari Mbah Ras ( Orang Tua Mbah Modin Sutarman ) Musholla ini mngandung unsur Sejarah yang dipercaya oleh masyarakat RT.03/III khususnya dan masyarakat desa Cebolek Kidul sebagai tempat tinggal seorang ulama' besar KH. Ahmad Mutamakkin.
  5. TPQ Arrohmah, TPQ ini berdiri sekitar 10 tahun yang silam yang di Kepalai oleh Hj. Khotimah dengan adanya TPQ Arrohmah ini anak-anak semangat dalam mempelajari Al-Qur’an dari segi Mahroj maupun tajwidnya dan isi kandungan Al-Qur’an. Alhamdulillah berkat kerja keras Kepala TPQ Arrohmah dan para Ustadzah-ustadzahnya TPQ ini semakin maju dan semakin maju.

Selain adanya lembaga-lembaga pendidikan tersebut di wilayah  RT.3 RW III ini terdapat Petilasan seorang tokoh Ulama’ kharismatik yang makamnya berada  di Desa Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati yaitu KH. Ahmad Mutamakkin. Petilasan tersebut oleh masyarakt Desa cebolek di yakini berada di sebelah timur Pondok Al-Inayah di salah satu tanah karas milik Mbah Modin Sutarman.

RT. 3 RW. III di huni oleh 68 KK dan 302 warga, sebelah barat berbatasan dengan Desa Waturoyo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kajen dan RT.3 RW 6 sebelah utara berbatasan dengan sungai besar dan sebelah timur berbatasan denga RT 4. RW 3.

Demikian sekilas profil RT.3 RW 3 Desa Cebolek Kidul Kec. Margoyoso Kab. Pati Jawa Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar